Sunday 26 April 2015

PERKEMBANGAN JARINGAN TELEKOMUNIKASI DI INDONESIA DIBANDINGKAN DENGAN NEGARA LAIN



Perkembangan teknologi jaringan komunikasi tak pernah berjalan di tempat, malah mereka berkembang dengan sangat cepat. Setiap negara pun seharusnya siap untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi ini. Dan saat ini hampir seluruh operator jaringan telekomunikasi di Indonesia bersaing untuk penerapan teknologi jaringan komunikasi 4G LTE, yang adalah teknologi jaringan internet generasi ke empat berbasis internet protocol (IP), yang membuat proses transfer data menjadi lebih lebih cepat dan stabil dari sebelumnya.

Tetapi Indonesia sebenarnya cukup tertinggal tentang jaringan komunikasi, karena 4G saja masuk Indonesia baru – baru ini pengembanganya, sedangkan Negara Negara luar seperti singapur sudah mau memasuki era 5G. Kebijakan yang tak konsisten ini menyebabkan Indonesia kini tertinggal dalam layanan telekomunikasi di kawasan ASEAN serta masih menghadapi masalah kesenjangan layanan informasi dan komunikasi.

Di Indonesia, jumlah pengguna Internet menurut perkiraan sebesar 1 juta orang dari sekitar 200 juta penduduk Indonesia. Angka tersebut sangatlah kecil dibandingkan dengan rasio pengguna di Amerika Serikat. Berdasarkan data yang didapat dari APJII (Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia) dari 11.000 Sekolah Menengah Umum (SMU) di Indonesia, kurang dari 2% yang mempunyai sambungan ke Internet. Itu pun terkonsentrasi di wilayah Jabotabek dan kota-kota besar di Pulau Jawa.

Kondisi ini sangat memprihatinkan dan menjadikan Indonesia tertinggal jauh dibanding negara-negara lainnya yang telah terbiasa memanfaatkan Internet untuk pendidikan di sekolah-sekolah. Di sisi lain, memasuki abad ke-21 ini, diperkirakan kebutuhan tenaga ahli di bidang teknologi informasi akan meledak dan berbagai urusan diperkirakan hampir semuanya akan berbasiskan Internet

Menurut mentri riset dan tekhnologi (hatta rajasa), melihat hasil penelitian human indeks dari 150 negara, indonesia hanya ada di posisi ke 110. Sedangkan dari achievement technology, Indonesia menduduki nomer 61 dari 64 negara. Maka dari itu, Indonesia harus terus menerus berinovasi dan menghasilkan buah karya atau produk dari IPTEK, sehingga penanaman IPTEK terhadap anak-anak sebagai generasi penerus harus diupayakan sedini mungkin, sehingga pada masa yang akan datang Indonesia pasti akan dapat menyaingi negara-negara lainnya dalam hal teknologi.

Dan baru baru ini kabel serat optic baru di pasangkan di jaringan Indonesia untuk mempercepat jaringan, padahal kabel serat optic sebenarnya sudah lama dipakai Negara-negara luar.




No comments:

Post a Comment

IT PROFESI FORENSIC

1.       Definisi IT Forensic/DIGITAL FORENSIC ·         IT Forensik adalah cabang dari ilmu komputer tetapi menjurus ke bagian forensi...