1.
Pengertian, Tujuan ISD, dan IPS
ü
Pengertian ISD
Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah
masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkain oleh masyarakat Indonesia
dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal
dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial
seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psykologi
sosial.
ü
Tujuan umum dan khusus ISD
Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu
Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :
a) Memahami dan menyadari adanya
kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam
masyarakat.
b) Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap
untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
c) Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang
timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya
mempelajarinya secara kritis-interdisipliner.
d)
Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang
ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka
penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
ü
Tiga kelompok ilmu pengetahuan
a)
Natural Sciences (Ilmu-ilmu Alamiah), meliputi:
Fisika, Kimia, Astronomi,Biologi dan lain-lain.
b) Sosial Sciences (Ilmu-ilmu Sosial), terdiri dari
: Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi
dan lain-lain.
c) Humanities (Ilmu-ilmu Budaya) meliputi : Bahasa,
Agama, Kesusastraan,Kesenian dan lain-lain.
2.
ISD dan IPS
ü
Perbedaan ISD dan IPS
a) Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi,
sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
b) Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah
tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata
pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
c) Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan
sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada
pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
ü
Persamaan ISD dan IPS
a)
Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk
kepentingan program pendidikan/pengajaran.
b)
Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri
sendiri.
c)
Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari
kenyataan sosial danmasalah sosial.
3.
Ruang lingkup ISD
Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 Pokok Bahasan, dari kedelapan pokok
bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan
mempelajari dan memahami adanya :
a) Berbagai
masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan
kebudayaan.
b)
Masalah
individu, keluarga dan masyarakat.
c)
Masalah
pemuda dan sosialisasi.
d)
Masalah
hubungan warga Negara dan Negara
e)
Masalah
pelapisan sosial dan kesamaan derajat
f)
Masalah
masyarakat perkotaan dan pedesaan
g)
Masalah
pertentangan-pertentangan sosial dan Integrasi
h)
Pemanfaatan
ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
4.
Pendapat
Menurut pendapat saya ilmu sosial dasar sangatlah amat
penting untuk dipelajari dalam masyarakat khususnya untuk mahasiswa. Seperti pada
masa awal perkuliahan inilah dimana masa
transisi dari SMA menuju Perkuliahan, sehingga sangat dibutuhkan pemahaman yang
lebih tentang ilmu sosial agar dalam menjalani aktifitas sebagai mahasiswa atau
sebagai masyarakat kita lebih bisa mengembangkan pola pikir kita sekaligus
membentuk kepribadian kita agar lebih peka terhadap masalah masalah sosial yang
terdapat dilingkungan kampus atau masyarakat tempat kita tinggal. Sehingga dengan
demikian kita bisa menjadi mahasiswa atau masyarakat yang lebih menerima
perbedaan yang terjadi di lingkungan sosial dan juga menjadi mahasiswa atau
masyarakat yang aktif dalam berorganisasi, dengan demikian kita lebih mudah
untuk menciptakan suatu lingkungan yang lebih baik, damai, dan harmonis demi
kesejahteraan kita bersama.
NAMA : PRIHADI KUNTORO
NPM : 16113918
KELAS : 1KA09
No comments:
Post a Comment